Berkomunikasi antar
Budaya
Memahami Peluang dan
Tantangan komunikasi antarbudaya
Komunikasi antar
budaya : suatu proses mengirimkan dan menerima pesan antar orang yang latar
belakang budayanya dapat membawa mereka mengartikan tanda tanda verbal dan non
verbal dengan cara berbeda.
Peluang – peluang dalam pasar global
Dalam pasar global sebagian batas – batas alami dan batas –
batas nasional tidak lagi menjadi hambatan yang tidak dapat dilalui sebagaimana
hambatan tersebut di masalalu. Pasar domestik terbuka bagi kompetisi seluruh
dunia karena bisnis – bisnis dari semua ukuran mencari peluang –peluang untuk
pertumbuhan baru di luar negara mereka sendiri.
Keunggulan angkatan kerja yang multikultur
Pemimpin bisnis yang cerdas mengenali keunggulan kelompok
yang kompetitif dari angkatan kerja yang beragam yang karyawannya berasal
dari warga negara , agama , dan latar
belakang etnik yang berbeda dan juga gender dan kelompok umur yang
berbeda. Angkatan kerja yang beragam
memberikan memberikan rentang titik pandang dan ide-ide yang lebih luas ,
membantu perusahaan memahami dan mengidentifikasi pasar-pasar yang beragam dan
memungkinkan perusahaan mampu memiliki kumpulan orang – orang berbakat seluas
mungkin.
Tantangan Komunikasi antarbudaya
Keanekaragaman budaya mempengaruhi cara-cara pesan – pesan bisnis disusun ,
direncanakan , dikirim , diterima dan diinterpretasikan di tempat kerja.
Meningkatkan Sensitivitas Antarbudaya
Suatu langkah penting ke arah komunikasi antarbudaya yang
sukses adalah menjadi lebih sadar akan aturan – aturan ini dan cara aturan –
aturan tersebut mempengaruhi komunikasi
anda.
Memahami konsep budaya
Latar belakang budaya anda mempengaruhi cara anda
memprioritaskan apa yang penting dalam hidup , membantu mendefinisikan sikap
anda terhadap apa yang pantas dalam situasi tertentu dan menetapkan aturan –
aturan perilaku .
Mengatasi Etnosentrisme dan Stereotip
Etnosentrisme : kecenderungan untuk menilai semua kelompok
lain menurut standar , perilaku dan kebiasaan kelompok anda sendiri. Xenophobia : suatu ketakukan pada orang-orang
tak dikenal dan orang-orang luar negri . stereotip : memberikan berbagai macam
atribut yang digeneralisasi kepada seorng individu atas dasar keanggotaan
individu tersebut dalam satu kelompok budaya tanpa mempertimbangkan
karakteristik unik individual tersebut. Pluralisme budaya : suatu praktik yang
menerima berbagai budaya sebagaimana adanya.
Beberapa kebiasaan terhindar dari sifat negatif
etnosentrisme dan sifat terlalu menyederhanakan masalah dalam stereotip :
-
Hindari membuaat asumsi
-
Hindari menghakimi
-
Akui adanya perbedaan
Mengenali variasi budaya
-
Hewlett - packard menggbungkan insinyur yang berasal dari AS dengan
insinyur dari prancis untuk mendesain piranti lunak , para insinyur dr Amerika
mengirimkan email yang panjag dan detail kepada rekan – rekan mereka di
prancis. Tetapi para insinyur prancis menganggap bahwa pesan yang panjang itu
merendahkan dan membalasnya dengan email yang ringkas dan singkat.
Perbedaan Kontekstual
-
Dalam budaya berkonteks tinggi , seperti korea
selatan , taiwan mengandalkan komunikasi nonverbal
-
Dalam budaya berkonteks rendah , seperti AS /
jerman yang mengandalkan komunikasi verbal
Praktik – praktik pengambilan keputusan
Dalam budaya berkonteks rrendah , para pebisnis cenderung
memfokuskan pada keputusan yang mereka hadapi suatu refleksi dari penekanan
budaya pada logika berpikir dan kemajuan.
Teknik pemecahan masalah
Dalam budaya berkonteks rendah , para pebisnis biasanya
mengungkapkan problem secara terbuka , mencari penyebab nya dan kmudian
seringkali menunjuk pihak yang salah.
Gaya negoisasi
Negoisasi bisnis merupakan pertukaran pesan-pesan yang yang
rumit.
Perbedaan Hukum dan Etika
Konteks budaya juga mempengaruhi prilaku hukum dan etika .
misalnya karena budaya berkonteks rendah menghargai kata kata tertulis budaya
tersebut menganggap persetujuan yang tertulis bersifat mengikat.
Perbedaan – perbedaan sosial
Aturan – aturan sosial yang berbeda dari suatu budaya ke budaya lain dlm arena
tsb :
-
Sikap terhadap kerja dan kesuksesan
-
Peran dan status
-
Menggunakan tatakrama
-
Konsep dan waktu
Perbedaan Nonverbal
-
Ucapan selamat
-
Ruang pribadi
-
Sentuhan
-
Ekspresi wajah
-
Kontak mata
-
Sikap tubuh
-
Formalitas
Perbedaan umur
Di Amerika pada umumnya merayakan orang muda dan khususnya
para pebisnis muda yang sukses.
Perbedaan gender
Persepsi tentang pria dan wanita dalam bisnis juga berbeda –
beda dari satu budaya ke budaya yang lain. Di amerikasekarang para wanita menemukan berbagai macam peluang
bisnis yang lebih luas di banding pria.
-
Hierarki di tempat kerja mempengaruhi komunikasi
-
Gaya membuat keputusan mempengaruhi kounikasi
-
Gaya memecaahkan masalah memengaruhi komunikasi
Memperbaiki keterampilan berkomunikasi antarbudaya
-
Mempelajari budaya – budaya lain
-
Mempelajari bahasa lain
-
Memghargai prefensi gaya komunikasi
Menulis dengan jelas
-
Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas
-
Singkat
-
Gunakan elemen transisional
-
Gunakan korespondensi internasional dengan benar
-
Kutip angka dan tanggal secara berhati-hati
-
Hindari slang , frasa , idiom , dan jargon
bisnis
-
Hindari humor dan refrensi lain ke budaya
populer
Berbicara dengan jelas
-
Berbicaralah dengan pelan dan jelas
-
Jangan mengatakan dengan cara lain ampai hal itu
di butuhkan
-
Cari tahu dan bertanya dengan umpan balik
-
Jangan meremehkan orang lain
-
Pelajari frasa asing
-
Perjelas akan apa yang terjadi kemudian
No comments:
Post a Comment