Tuesday 25 August 2015

Komunikasi Bisnis

Berkomunikasi antar Budaya

Memahami Peluang dan Tantangan komunikasi antarbudaya

Komunikasi antar budaya : suatu proses mengirimkan dan menerima pesan antar orang yang latar belakang budayanya dapat membawa mereka mengartikan tanda tanda verbal dan non verbal dengan cara berbeda.
Peluang – peluang dalam pasar global
Dalam pasar global sebagian batas – batas alami dan batas – batas nasional tidak lagi menjadi hambatan yang tidak dapat dilalui sebagaimana hambatan tersebut di masalalu. Pasar domestik terbuka bagi kompetisi seluruh dunia karena bisnis – bisnis dari semua ukuran mencari peluang –peluang untuk pertumbuhan baru di luar negara mereka sendiri.
Keunggulan angkatan kerja yang multikultur
Pemimpin bisnis yang cerdas mengenali keunggulan kelompok yang kompetitif dari angkatan kerja yang beragam yang karyawannya berasal dari  warga negara , agama , dan latar belakang etnik yang berbeda dan juga gender dan kelompok umur yang berbeda.  Angkatan kerja yang beragam memberikan memberikan rentang titik pandang dan ide-ide yang lebih luas , membantu perusahaan memahami dan mengidentifikasi pasar-pasar yang beragam dan memungkinkan perusahaan mampu memiliki kumpulan orang – orang berbakat seluas mungkin.
Tantangan Komunikasi antarbudaya
Keanekaragaman budaya mempengaruhi  cara-cara pesan – pesan bisnis disusun , direncanakan , dikirim , diterima dan diinterpretasikan di tempat kerja.
Meningkatkan Sensitivitas Antarbudaya
Suatu langkah penting ke arah komunikasi antarbudaya yang sukses adalah menjadi lebih sadar akan aturan – aturan ini dan cara aturan – aturan tersebut mempengaruhi  komunikasi anda.





Memahami konsep budaya
Latar belakang budaya anda mempengaruhi cara anda memprioritaskan apa yang penting dalam hidup , membantu mendefinisikan sikap anda terhadap apa yang pantas dalam situasi tertentu dan menetapkan aturan – aturan perilaku .
Mengatasi Etnosentrisme dan Stereotip
Etnosentrisme : kecenderungan untuk menilai semua kelompok lain menurut standar , perilaku dan kebiasaan kelompok anda sendiri.  Xenophobia : suatu ketakukan pada orang-orang tak dikenal dan orang-orang luar negri . stereotip : memberikan berbagai macam atribut yang digeneralisasi kepada seorng individu atas dasar keanggotaan individu tersebut dalam satu kelompok budaya tanpa mempertimbangkan karakteristik unik individual tersebut. Pluralisme budaya : suatu praktik yang menerima berbagai budaya sebagaimana adanya.
Beberapa kebiasaan terhindar dari sifat negatif etnosentrisme dan sifat terlalu menyederhanakan masalah dalam stereotip :
-          Hindari membuaat asumsi
-          Hindari menghakimi
-          Akui adanya perbedaan
Mengenali variasi budaya
-          Hewlett - packard  menggbungkan insinyur yang berasal dari AS dengan insinyur dari prancis untuk mendesain piranti lunak , para insinyur dr Amerika mengirimkan email yang panjag dan detail kepada rekan – rekan mereka di prancis. Tetapi para insinyur prancis menganggap bahwa pesan yang panjang itu merendahkan dan membalasnya dengan email yang ringkas dan singkat.
Perbedaan Kontekstual
-          Dalam budaya berkonteks tinggi , seperti korea selatan , taiwan mengandalkan komunikasi nonverbal
-          Dalam budaya berkonteks rendah , seperti AS / jerman yang mengandalkan komunikasi verbal
Praktik – praktik pengambilan keputusan
Dalam budaya berkonteks rrendah , para pebisnis cenderung memfokuskan pada keputusan yang mereka hadapi suatu refleksi dari penekanan budaya pada logika berpikir dan kemajuan.




Teknik pemecahan masalah
Dalam budaya berkonteks rendah , para pebisnis biasanya mengungkapkan problem secara terbuka , mencari penyebab nya dan kmudian seringkali menunjuk pihak yang salah.
Gaya negoisasi
Negoisasi bisnis merupakan pertukaran pesan-pesan yang yang rumit.
Perbedaan Hukum dan Etika
Konteks budaya juga mempengaruhi prilaku hukum dan etika . misalnya karena budaya berkonteks rendah menghargai kata kata tertulis budaya tersebut menganggap persetujuan yang tertulis bersifat mengikat.
Perbedaan – perbedaan sosial
Aturan – aturan sosial yang berbeda  dari suatu budaya ke budaya lain dlm arena tsb :
-          Sikap terhadap kerja dan kesuksesan
-          Peran dan status
-          Menggunakan tatakrama
-          Konsep dan waktu

Perbedaan Nonverbal
-          Ucapan selamat
-          Ruang pribadi
-          Sentuhan
-          Ekspresi wajah
-          Kontak mata
-          Sikap tubuh
-          Formalitas








Perbedaan umur
Di Amerika pada umumnya merayakan orang muda dan khususnya para pebisnis muda yang sukses.
Perbedaan  gender
Persepsi tentang pria dan wanita dalam bisnis juga berbeda – beda dari satu budaya ke budaya yang lain. Di amerikasekarang  para wanita menemukan berbagai macam peluang bisnis yang lebih luas di banding pria.
-          Hierarki di tempat kerja mempengaruhi komunikasi
-          Gaya membuat keputusan mempengaruhi kounikasi
-          Gaya memecaahkan masalah memengaruhi komunikasi
Memperbaiki keterampilan berkomunikasi antarbudaya
-          Mempelajari budaya – budaya lain
-          Mempelajari bahasa lain
-          Memghargai prefensi gaya komunikasi
Menulis dengan jelas
-          Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas
-          Singkat
-          Gunakan elemen transisional
-          Gunakan korespondensi internasional dengan benar
-          Kutip angka dan tanggal secara berhati-hati
-          Hindari slang , frasa , idiom , dan jargon bisnis
-          Hindari humor dan refrensi lain ke budaya populer
Berbicara dengan jelas
-          Berbicaralah dengan pelan dan jelas
-          Jangan mengatakan dengan cara lain ampai hal itu di butuhkan
-          Cari tahu dan bertanya dengan umpan balik
-          Jangan meremehkan orang lain
-          Pelajari frasa asing
-          Perjelas akan apa yang terjadi kemudian












No comments:

Post a Comment